Demo Masak DAHSAT di Kecamatan Martapura Timur

Pengelolaan DAHSAT bagi kader UPPKS untuk Percepatan Penurunan Stunting di daerah, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Banjar, Bidang KB bekerja sama dengan Kelompok UPPKS desa Tambak Anyar Ulu Kecamatan Martapura Timur melaksanakan demo masak dengan kandungan gizi seimbang untuk Ibu hamil dan balita.

Selasa, 28 Desember 2021 bertempat diruang serba guna PKK desa, turut hadir Kasi Bina ketahanan dan Pembangunan Ekonomi Keluarga, Jainatun Adni, S.Sos beserta Tim, Koordinator Kecamatan Martapura Timur beserta PKB kecamatan, dengan narasumber Hj. Rofiqoh Nutrisionis dari Puskesmas Martapura Timur dengan peserta yang terdiri dari kader serta ibu-ibu hamil dan yang memiliki anak balita.


Kita sering beranggapan bahwa kalau konsumsi makanan sehat itu mahal. Itu sangat salah, maka melalui DASHAT ini kita tekankan bahwa, daerah kita memiliki bahan pangan dengan asupan gizi yang lengkap, seperti halnya ikan, sayur dan buah yang mudah didapat serta terjangkau di wilayah kita, papar Rofiqoh sambil mulai mempraktikan masakan Sop Ikan Sayur dan Tahu Sakura.


“DASHAT dapat menjadi referensi di daerah, misalnya, jika ibu hamil ingin masak makanan sehat maka tanyakan cara dan bahannya ke DASHAT.” Lanjutnya.


Sementara Kasi Bina ketahanan dan Pembangunan Ekonomi Keluarga, Jainatun Adni, S.Sos berharap “DASHAT ini bisa menyelesaikan segala permasalahan masyarakat, masyarakat menengah kebawah diperlukan sebuah bantuan pangan. Mengenai masyarakat menengah keatas perlu diberikan edukasi yang perlu digaungkan, karena masyarakat Indonesia itu kencang akan sebuah stigma yang timbul, tidak hanya permasalahan stunting ataupun covid dll. Bagaimana kita bisa membungkus diksi stunting agar tidak malu, namun kita Gerakan agar siapapun bisa lapor dan teratasi, stunting itu tidak memalukan namun stigma itu yang harus diubah dikalangan atas.” Tegasnya.

Source:: DP2KBP3A Kab. Banjar

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?