Bank Sampah Sekumpul Tawarkan Kerjasama Dengan Pemdes

MARTAPURA,- Bank Sampah Sekumpul saat ini mengajak beberapa pihak maupun kelompok masyarakat untuk kerjasama dalam program pemilahan sampah, agar semua pihak dari tingkat paling bawah yaitu RT dan RW bersama- sama terlibat dalam pengelolaan sampah.

Hal tersebut dikatakan Direktur Bank Sampah Sekumpul Martapura Dewi Heldayati di sesi talkshow Bijak Kelola Sampah (Bakisah) di studio Radio Suara Banjar, Kamis (23/06/2022) pagi.

Mengangkat tema” Cara Bekerjasama Dengan Bank Sampah Sekumpul ” Dewi menjelaskan saat ini Bank Sampah Sekumpul juga telah bekerjasama dengan beberapa SKPD di Kabupaten Banjar, termasuk salah satunya DKISP melalui media radio Suara Banjar. Selain itu juga dengan beberapa puskesmas, sekolah- sekolah dan yang terbaru dengan RSUD Ratu Zalecha Martapura.

Melalui tema kali ini, lanjut Dewi Bank Sampah Sekumpul bisa lebih banyak lagi bekerjasama terutama dengan pihak desa.

” Ya setidaknya sebagai langkah awal direncanakan semua desa di Kecamatan Martapura bisa kami ajak bekerjasama,” harap Dewi.

Untuk kerjasama dikatakan, akan difasilitasi sebaik mungkin dengan harga bersaing untuk sampah terpilah. Diakui Dewi menjadi tantangan ketika bekerjasama dengan pihak desa terutama ketika langsung berada di lapangan. Namun justru disinilah menjadikan poin utama untuk mencoba bersama-sama memberikan edukasi ke masyarakat terkait pemahaman pilah sampah.

Jika ada lembaga atau kelompok yang tertarik untuk kerjasama dengan Bank Sampah Sekumpul, dijelaskan Dewi ada semacam surat kerjasama secara tertulis yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

” Ini dimaksudkan untuk pemberkasan dan pengarsipan dikarenakan Bank Sampah Sekumpul beberapa kali juga menjadi salah satu indikator penilaian dibeberapa penghargaan yang diterima pemerintah daerah,” ungkapnya.

Dewi berpesan agar pihak desa sebagai lini terdekat di masyarakat membantu memberikan pemahaman tentang kebersihan lingkungan kepada warganya, juga tentang pilah sampah yang masih banyak kurang dipahami masyarakat.

” Ini menjadi tanggung jawab kita bersama agar kedepan tercipta lingkungan yang indah, bersih dan sehat,” tutup Dewi.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar

Source:: INFOPUBLIK

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?