Ikuti, Kontes Batu Permata, Lombakan 700 Kategori

MARTAPURA,- Pertama kali dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke 72 digelar Bazar Batu Permata dan Kontes Batu Akik Tingkat Nasional. Kegiatan tersebut akan digelar di Guest House Sultan Sulaiman, 10 – 13 Agustus 2022.

Hal tersebut dikatakan Project Manager kegiatan Yusuf Bachem Azmi di sesi talkshow di Radio Suara Banjar, Kamis (4/8/2022) pagi.

Maksud dan tujuan kegiatan adalah menggali potensi bangsa, meningkatkan persatuan bangsa dan melalui Kontes Batu Permata dan Akik, akan menunjukan dan mengoptimalkan potensi kekayaan alam Indonesia serta memberikan wahana komunikasi dan ekspresi bagi para pecinta Batu Akik dan masyarakat pada umumnya.

Antusias para pecinta batu permata dari luar Kalimantan pun sudah memastikan akan ikut ambil bagian.

“Alhamdulillah masyarakat Kabupaten Banjar untuk peserta Gemstone ini sangat bagus antusiasnya, bahkan yang dari luar Kalsel siap hadir,” ujarnya.

Yusuf menyebut peserta dari luar Kalimantan dimaksud yakni Jawa, Sumatera bahkan dari Papua siap meraimaikan acara Bupati Banjar Gemstone Competition.

” Insya allah 2500 batu masuk di meja pendaftaran,” jelas Yusuf.

Yusuf menambahkan Batu permata dan Akik yang dilombakan seperti Batu Beningan (Red Borneo, Ginggang, Kecubung, Bacan, Chalsedon) dan Batu Gambar. Batu Gambar terbagi lagi ada BG Badar, BG Semi Kristal, BG Kristal. Dan menjadi 700 kategori yang dilombakan.

Apakah lomba ini kedapannya akan rutin dilaksanakan? Yusuf mengungkapkan dalam hal ini Pemkab Banjar siap mendukung pelaksanaan kembali kontes Batu Akik dan diharap masuk agenda tahunan di Hari Jadi Kabupaten Banjar.

“Sebelumnya kami para pelaku usaha dan pecinta Batu Permata dan Batu Akik berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banjar khususnya Bupati Banjar H Saidi Mansyur, yang telah mensupport penuh dan memfasilitasi sehingga lomba ini bisa akan terlaksana,” tutur Yusuf.

Yusuf juga berpesan kepada masyarakat untuk menyaksikan langsung kegiatan Bazar dan Kontes Batu Permata dan Akik selama 4 hari tersebut, yang juga menyertakan bazar produk dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar

Source:: INFOPUBLIK

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?