Lomba Inovasi, Live Suara Banjar Masuk 10 Besar

MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar telah melaksanakan Lomba Inovasi Daerah tahun ke-2 dengan jumlah pendaftar 70 inovasi. Baik dari ASN maupun masyarakat umum dan sudah masuk tahapan penjurian, final 10 Besar via zoom meeting, di Aula Bauntung Kantor Bappeda Litbang Banjar, Selasa (2/8/2022) pagi.

Asisten Administrasi Umum Siti Mahmudah yang membuka kegiatan mengatakan, pemerintah daerah dituntut untuk lebih profesional dalam melakukan pengelolaan terhadap seluruh sumberdaya yang dimilikinya.

“Mampu melakukan percepatan dalam rangka mendorong peningkatan diseluruh aspek, melalui kebijakan yang kreatif dan inovatif yang disesuaikan dengan karakteristik, kemampuan serta kearifan lokal di daerahnya masing-masing,”. ucapnya.

Sementara Kabid Penelitian dan Pengembangan Inovasi Bappeda Litbang Banjar, Santi Nurlaila menjelaskan, Inovasi-inovasi yang masuk dalam Inovasi Kabupaten Banjar yang difasilitasi Bappeda Litbang bisa menjadi bahan untuk meningkatkan indeks inovasi daerah di Kabupaten yang saat ini masih kategori inovatif.

“Kita coba tingkatkan inovasi sangat inovatif di tahun depan, harapannya dengan inovasi ini semua dapat mendukung program Pemkab Banjar terutama untuk proyek strategis yang dicanangkan Bupati terkait pembangunan Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis,” jelasnya.

Ditambahkan, dari 10 besar akan dipilih 3 pemenang dari setiap kategori, dan akan diumumkan pada peringatan puncak Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-72.

M Hamdani, salah satu inovator dari Dinas Kominfo Stastik dan Persandian (DKISP) Banjar, dengan inovasi “Live Suara Banjar” memaparkan terkait inovasi tersebut.

“Live Suara Banjar merupakan sebuah sarana informasi yang dikemas dalam sebuah Display Televisi Terpadu dengan basis website dan dikelola oleh Tim Publikasi DKISP Banjar,” jelasnya.

Ditambahkan, target penempatan di tempat-tempat layanan publik,  ruang tunggu layanan seperti rumah sakit, puskesmas, kantor kecamatan, kelurahan dan sebagainya.

10 Besar kategori ASN/SKPD :

– Disdukcapil “Pakulih Anam”.
– Kelurahan Mandarsari “Bank Daurs Purna Praja”.
– Dinas Pertanian “KalTrap (Kalambuai Trap)”.
– DKISP “Live Suara Banjar”.
– DKUMPP “Gelang Anting Manis”.

Kategori umum/masyarakat :
– Forum Anak Daerah “RAHATAN (Radio Sahabat Anak)”.
– Desa Sungai Rangas Tengah “DEWI (Desa Wisata)SRT”.
– Desa Tiwingan Lama “DEORUB(Asap Cair dari Limbah Kayu)”.
– Desa Awang Bangkal Barat “PAIS BASAGU”.
– Desa Jawa Laut “Sistem Informasi Desa”.

Adapun tim juri adalah Awan Yanuarko dari Pusat Penelitian Pengembangan dan Inovasi Kementerian Dalam Negeri, Antun Natsri Sidik Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Murwany Viviane Antang dari Badan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan Muzdalifah, Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

Reporter : Rif'ah
Editor : Ronny Lattar

Source:: INFOPUBLIK

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?