OMSET KPRI SAWARGA MENINGKAT 1 MILYAR DARI TAHUN LALU

Rapat Anggota Tahunan (RAT) adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap organisasi koperasi, tidak terkecuali pula Koperasi Sawarga, mengingat ketentuan ini telah digariskan oleh Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992. Karena melalui Forum RAT, segala kemajuan, keuntungan hingga kendala sampai kerugian koperasi akan mampu dideteksi oleh semua pengurus dan anggota.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Staf Ahli Bupati Banjar, DR H Muhammad MAg, ketika menghadiri sekaligus membuka kegiatan RAT Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “Sawarga” Tahun Kerja 2013, di Wisma Sultan Sulaiman (28/02).

 

“Melalui RAT pula lah, maka para pelaku koperasi bisa menentukan kebijakan apa yang sebaiknya diterapkan pada tahun-tahun yang akan datang, dengan tujuan yang pasti yakni demi meningkatkan kesejahteraan semua anggota koperasi itu sendiri”, ujar Muhammad.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Drs H Masruri MM, dalam sepatah dua patah katanya berpesan, agar semua pengurus dan anggota koperasi selalu bekerjasama dengan baik, tanamkan rasa saling memiliki dan bertanggung jawab, kelola koperasi dengan jujur dan professional.

Dan, yang terpenting ujarnya, janganlah memperlakukan koperasi di saat kita kepepet saja, misalnya disaat perlu pendanaan maka pinjamnya di koperasi, tapi di saat punya rezeki yang lebih maka berbelanja serta menabungnya malah di tempat lain.
 
“Sikap seperti inilah yang sangat disayangkan, karena sama artinya dengan tidak mendukung kemajuan koperasi”, sindir Masruri.

Adapun sebelumnya, Ketua KPRI Sawarga, H Nahrudin MPd, melaporkan  sekalipun modal koperasi berkurang, akan tetapi KPRI Sawarga masih bisa meningkatkan Sisa Hasil Usaha (SHU).

Nahrudin merincikan, bahwa SHU tahun ini berjumlah Rp. 904. 405.643,- meningkat dibandingkan SHU tahun lalu sebesar Rp. 893. 924.982,-. Sedangkan jumlah Omset tahun ini adalah Rp. 9. 558.194.950,- dan Asset untuk tahun ini sebesar Rp. 7. 182.223.114,-.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula beberapa bingkisan dan kenang-kenangan oleh Staf Ahli Bupati Banjar DR H Muhammad MAg didampingi H masruri  selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banjar pada 3 orang anggota Koperasi yang memiliki simpanan paling banyak di KPRI Sawarga. (zak/roni/280213).

Comments
Loading...