DINAS PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN MERAYAKAN HARU ULANG TAHUNNYA YANG PERTAMA DI TPA PADANG PANJANG KARANG INTAN

Tidak terasa Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banjar telah berumur 1 tahun. Oleh karena itu, jajaran Disperkim Banjar melaksanakan serangkaian acara memeriahkan HUT Disperkim di TPA Padang Panjang Kecamatan Karang Intan, Minggu (03/03).

 Pada kesempatan tersebut Nasrunsyah menyampaikan harapan agar TPA terus menerus dikelola dengan baik, dan pasukan kuning selalu pada posisi garda terdepan untuk menjaga kebersihan drainase maupun taman. Apalagi sudah mampu memproduksi dan memanfaatkan gas metan di TPA Padang Panjang Kecamatan Karang Intan. Untuk itu beliau menambahkan bahwa jajaran Disperkim harus terus menerus mempertahankan kinerja yang telah baik selama ini.

Kepala Dinas Boyke W. Triestiyanto, MT didamping Sekretaris Junaidi, Kabid AMPL Edy Mulyono, Kabid Perumahan H. Irwan Jaya dan Kabid Kebersihan Rahmaddin MY mengatakan, bahwa acara yang dilaksanakannya sebagai ucapan syukur atas kebersamaan jajaran Disperkim selama ini dan juga sebagai sarana melepas kepenatan bagi seluruh pasukan kuning yang tanpa mengenal libur, hujan, atau pun panas demi menjaga kebersihan dan keindahan kota. “Sudah selayaknya mereka pada hari ini kita berikan “dispensasi” dari kegiatan rutinitas yang selama ini mereka laksanakan,” ujar Boyke tersenyum.

 HUT Disperkim yang ke-1 ini dihadiri 350 orang dari jajaran Disperkim  untuk menikmati menu kambing guling dan jagung rebus yang memanfaatkan gas metan. Boyke memberikan penjelasan tentang kondisi TPA sebelum pembenahan, kondisi pada saat dilaksanakan pembenahan, serta kondisi pasca pembenahan dengan tertampungnya gas metan (CH4) menjadi energi yang dapat digunakan untuk memasak dan menjadi energi listrik.

 Lebih lanjut Kabid Kebersihan Rahmaddin MY menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan teman-teman Tenaga Kontrak yang mencoba mengemas acara semeriah mungkin dengan tetap pada tema lingkungan. Pasukan kuning yang biasanya memegang peralatan kebersihan, pada hari ini diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba futsal, lomba tarik tambang, lomba lompat karung, lomba makan kerupuk, lomba menyanyi, sampai pada lomba menggambar.

 Rahmaddin menambahkan, kegiatan ini membuat kawan-kawan dari pasukan kuning sangat bersemangat dalam menyambut P2 adipura.  Apalagi Sekda Banjar Ir H Nasrun Syah MP dan isteri Hj Budiarti beserta Kepala Disperkim Boyke W Triestiyanto beserta ibu turut bergabung dengan pasukan kuning tanpa sungkan, membaur disertai canda dan tawa.

 Pada saat ditanyakan tentang persiapan menghadapi P2 Adipura Kabid Kebersihan Rahmaddin MY mengungkapkan, untuk meningkatkan nilai P1 yang sudah mencapai 73,71 yang harus dilakukan di TPA adalah pembenahan lokasi, prasarana dasar, sarana penunjang dan kondisi lingkungan, jalan masuk/operasi, kantor/pos jaga, pagar, garasi, truk sampah, lalat, asap, pohon peneduh, sumur pantau/monitoring, prasarana dan sarana utama, alat berat, sistem pencatatan sampah, sarana pencegahan dan pengendalian pencemaran, drainase, saluran lindi, sampah pada zona aktif, pengaturan lahan, penimbunan/pengisian sampah, maupun penutupan sampah dengan tanah.

 Terlepas dari hal itu, lanjut Rahmaddin, kita harus selalu mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat agar menaati ketentuan membuang sampah yang mulai jam 20.00 Wita (malam) sampai Jam 07.00 Wita (pagi), setelah jam tersebut tidak diperkenankan lagi membuang sampah.  Sampah tersebut dibuang di TPS dan akan diambil oleh petugas kebersihan dengan gerobak sampah yang selanjutnya dibuang/diangkut ke TPS yang terdekat. Pengangkutan sampah di TPS-TPS akan diangkut dengan Dump Truck/Truck Amroll sampah pada Jam 09.00 Wita sampai dengan selesai. Insya Allah Adipura tetap di Martapura pungkasnya. (rahmaddin/fii/070313)

Comments
Loading...