LAKSANAKAN TUGAS DENGAN PROFESIONAL DAN BERTANGGUNG JAWAB

Profesi sebagai pegawai negeri merupakan pekerjaan yang luhur dan mulia. Karena itu kita harus melaksanakan tugas dengan profesional dan bertanggung jawab. Sebelum memasuki lebih jauh dunia pegawai yang penuh dinamika tersebut, sangatlah wajar apabila para peserta prajabatan ditempa terlebih dahulu. Hal itu bukan berarti saudara kurang wawasan, kurang ilmu, ataupun kurang pengetahuan. Kita semua memiliki potensi untuk berinteraksi dengan pemerintah dan masyarakat, namun jelas akan lebih baik apabila potensi yang ada tersebut ditingkatkan melalui diklat seperti ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Banjar H. Pangeran Khairul Saleh dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Dr. Hary Supriadi, SH. MH pada acara Pembukaan Pendidikan dan pelatihan Prajabatan Angkatan I Kabupaten Banjar Tahun 2012 di Gedung BKD Jalan Menteri Empat Martapura.
Ia mengatakan, untuk memperkaya pengetahuan tentang etika dan aturan kepegawaian, diklat Prajabatan ini merupakan satu keharusan untuk diikuti oleh seluruh CPNS, demi terbentuknya pegawai yang berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan. Disinilah satu poin penting yang perlu kita catat, kenapa diklat seperti ini masih sangat perlu untuk dilaksanakan.
Berbagai paradigma baru sebagai akibat perkembangan zaman telah mewarnai dinamika penyelenggaraan roda pemerintahan yang menghendaki adanya kepastian hukum, akuntabilitas dan transparansi. Prinsip-prinsip tersebut telah membawa implikasi pada pembaharuan unsur-unsur pendukung terlaksananya administrasi pemerintahan, antara lain efisiensi kelembagaan pemerintah serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia aparatur yang berorientasi kepada peningkatan pelayanan terhadap publik.
Hary pun menjelaskan, sejalan dengan berkembangnya paradigma pemerintahan tersebut, tentunya diperlukan adanya berbagai pendidikan dan pelatihan yang merupakan bagian dari langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan sumber daya aparatur yang sudah menjadi tuntutan mutlak di era otonomi daerah sekarang ini. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Banjar menyambut baik dengan adanya Diklat Prajabatan yang kita adakan ini, hal ini tentunya sebagai bukti keseriusan dan kesungguhan Pemerintah Kabupaten Banjar untuk meningkatkan dan mengelola sumberdaya aparaturnya. Kita sadari bahwa peran aparatur pemerintah merupakan peran yang penting dalam mengelola sumberdaya daerah, karena di dalam diri aparatur terinternalisasi fungsi-fungsi pembangunan, pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.
Lebih jauh ia berharap, dengan adanya Diklat Prajabatan ini, para peserta dapat meningkatkan pengetahuan, profesionalisme dan kompetensi di bidang pekerjaannya masing-masing. Kemudian yang perlu perhatikan juga adalah bahwa setiap pekerjaan memerlukan koordinasi dan kebersamaan diantara berbagai pihak yang terkait.
Sementara itu panitia penyelenggara pendidikan dan pelatihan prajabatan golongan II angkatan I, II dan III Kabupaten Banjar Tahun 2012 Tarmuji melaporkan, tujuan yang ingin dicapai melalui prajabatan golongan II ini adalah untuk membentuk keperibadian dan sikap peserta dengan memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan administrasi dasar, sehingga peserta mampu mengenali kedudukan organisasi dan peran instansi masing-masing dalam pemerintahan negara, serta mampu melaksanakan tugas-tugas dinasnya sehari-hari.
Adapun prajabatan golongan II angkatan I diselenggarakan dari tanggal 7 Mei sampai dengan 26 Mei 2012 dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang , dan prajabatan golongan II angkatan II diselenggarakan dari tanggal 28 Mei sampai dengan 16 Juni 2012 dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang, serta prajabatan golongan II angkatan III diselenggarakan dari tanggal 18 Juni sampai dengan 07 Juli 2012 dengan jumlah peserta sebanyak 23 orang , dan kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung BKD Jalan Menteri Empat Martapura. (sadi/zaky/080512).

Comments
Loading...