BUPATI BANJAR BERIKAN PEMBINAAN DAN ARAHAN KEPADA KEPALA DESA DAN KAUR KEUANGAN DI WILAYAH KABUPATEN BANJAR

Bupati Banjar H Saidi Mansyur Berikan Pembinaan Dan Arahan Kepada Kepala Desa dan Kaur Keuangan di wilayah Kabupaten Banjar

Kabupaten Banjar, 22 November 2023 – Dalam upaya terus meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan publik, Bupati Banjar H Saidi Mansyur memimpin sebagai narasumber utama dalam acara Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa bagi Kepala Desa dan Kaur Keuangan di Kabupaten Banjar tahun 2023. Acara berlangsung dengan meriah di Treepark Hotel, Kecamatan Kertak Hanyar, pada hari Rabu ini.

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H Syahrialludin tersebut menghadirkan sebanyak 554 peserta yang terdiri dari para Kepala Desa dan Kaur Keuangan di wilayah Kabupaten Banjar yang akan dibagi menjadi 5 angkatan.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur, dalam pemaparan materinya, memberikan sorotan mendalam terkait tanggung jawab kepemimpinan para Kepala Desa. Beliau menekankan bahwa peran ini merupakan suatu amanah yang harus dijalankan dengan penuh integritas, mengingat dampak langsungnya terhadap kualitas hidup masyarakat desa.

Dalam konteks pelaksanaan tugas, Bupati menyampaikan bahwa terdapat aturan-aturan yang mesti diikuti untuk menjaga kualitas pelayanan di masyarakat agar sesuai dengan standar yang berlaku. Ia menerangkan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, mengamanatkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan desa pada saat ini dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Sebagaimana tujuan UU Desa, ingin mewujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera serta bebas dari korupsi. Dalam pelaksanaan dilapangan, diperlukan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam mengelola sumber daya, serta menegaskan bahwa keberhasilan kepemimpinan desa turut berperan dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

“Kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Oleh karena itu, setiap kebijakan dan langkah yang diambil harus melibatkan partisipasi aktif serta memperhatikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat,” kata Bupati Saidi Mansyur.

Acara ini menjadi momentum penting untuk mempererat kolaborasi antara pemerintah daerah dan desa dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Harapannya, kehadiran Bupati Banjar sebagai narasumber dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para kepala desa dan kaur keuangan dalam menjalankan tugas mereka demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa di Kabupaten Banjar.

Source:: HUMAS

Comments
Loading...