PENTINGNYA PENGELOLAAN DAN PEMANFAAT BANK SAMPAH UNTUK KEBERSIHAN & KESEHATAN LINGKUNGAN KABUPATEN BANJAR

Mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur, PLH Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri bersama kepala DPRKPLH Kabupaten Banjar H Murshal, APDESI serta lainnya, hadiri sosialisasi Pengelolaan Sampah dan Pemanfaatan Bank Smpah, Tree Park Hotel, di Kertak Hanyar, Rabu (6/12).

Dalam Sambutannya, PLH Sekda , Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Banjar H Masruri mengatakan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, pengelolaan sampah menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Kabupaten Banjar menyadari pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat, oleh karena itu melalui sosialisasi Bank Sampah ini, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan bank sampah.

Asisten Pemerintahan Kesra, H Masruri menegaskan bahwa salah satu manfaat utama dari Bank Sampah adalah dalam hal daur ulang sampah. Sampah-sampah yang sebelumnya dianggap sebagai limbah yang tidak bernilai tersebut, melalui Bank Sampah dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang berguna. Sampah-sampah seperti kertas, plastik, logam, kaca, dan sebagainya, dapat diolah menjadi bahan yang dapat menghasilkan nilai ekonomis.

“Melalui Bank Sampah, masyarakat dapat menukar sampah yang sudah diolah menjadi barang-barang yang memiliki nilai ekonomis, seperti biji plastik atau logam. Proses ini membuka peluang bagi masyarakat untuk memanfaatkan sampah sebagai sumber pendapatan tambahan. Dengan mengumpulkan dan menjual sampah yang bernilai, masyarakat dapat memperoleh hasil yang dapat meningkatkan taraf hidup mereka” Ucap H Masruri

Selain itu, PLH Sekrtaris Kabupaten Banjar, Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri juga mengatakan dengan adanya Bank Sampah, pencemaran lingkungan dapat diatasi dengan lebih efektif. Sampah-sampah yang terkumpul di Bank Sampah dapat diolah dan dipilah sesuai jenisnya, kemudian dikendalikan secara teratur. Hal ini akan mengurangi sampah yang berserakan dan membantu menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah dan peran Bank Sampah

Source:: HUMAS

Comments
Loading...