Sempat Mereda, Tim Gabungan BPBD Banjar Kembali Tangani Karhutla di Tungkaran

MARTAPURA,- Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar harus menurunkan truk tangki guna lakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Tungkaran Kecamatan Martapura, Kamis (26/9/2024) sore.

Turunya mobil tangki pada akses sulit tersebut dikarenakan sulitnya mendapatkan sumber air.

Api yang membakar vegetasi semak belukar tersebut sebelumnya ditangani dengan cara manual menggunakan kepyok dan diinjak sebelum truk tangki tiba, lantaran sudah mendekati tanaman padi siap panen.

“Iya itu padiku, sepalih (red: sebagian) sudah dipanen,” ucap petani setempat yang turut berjaga.

Penanganan yang dilakukan sekitar 1 jam lebih membuahkan hasil, api dapat dipadamkan oleh tim gabungan sebelum adzan magrib berkumandang.

Ketua regu Hafiz mengatakan, tim gabungan yang melakukan penanganan karhutla kali ini antara lain personel BPBD,  Banjar, EBR, BPK Combat, BPK Kula, PMI dan DKISP Banjar.

“Untuk luasan lahan yang terbakar sekitar 0,8 hektare,” tutupnya.


Pada waktu bersamaan juga terjadi karhutla di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat. Asap tebal membubung tinggi terlihat dari Desa Tungkaran.

Karhutla sendiri sempat mereda selama sehari yang berkemungkinan disebabkan cuaca mendung dan hujan di beberapa wilayah di Kabupaten Banjar.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Source:: INFOPUBLIK

Comments
Loading...