Karhutla di Desa Sungai Batang, Titik Api Tersebar  

MARTAPURA,- Meski sudah beberapa kali terjadi hujan namun kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terjadi hingga kini, seperti di Abulung Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat, Rabu (9/10/2024) siang.

Kobaran api yang membakar vegetasi semak belukar terlihat tersebar di beberapa titik. Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar yang melakukan penanganan telah berupaya maksimal untuk meminimalisir api dari titik terdekat yang mudah dijangkau.

Penanganan yang dilakukan sekitar 1 jam tersebut berhasil memadamkan api dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 0,3 hektare. Sementara api pada 3 titik lainnya berada cukup jauh hingga membuat tim terkendala akses.

“Ada 3 titik api yang tidak bisa dijangkau, dan itu berpotensi membesar,” ucap Robby Ketua Regu BPBD Banjar.

Tiga titik api yang tidak bisa dilakukan penanganan lanjutnya, dilaporkan ke Pusdalops PB untuk diminta bantuan dari Pemprov Kalimantan Selatan guna penanganan dengan helly water bombing.

Hingga saat ini luasan lahan terbakar akibat karhutla di Kabupaten Banjar mencapai 109 hektare lebih tersebar di 11 kecamatan.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Source:: INFOPUBLIK

Comments
Loading...