PELATIHAN MENJAHIT I DI DEKRANASDA KAB. BANJAR

1

Dalam rangka memberikan keterampilan dan pengetahuan bidang menjahit, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjar bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat menggelar pelatihan menjahit I tahun 2016 bagi perempuan dan ibu rumah tangga yang diikuti 20 orang peserta di Gedung Dekranasda dari tanggal 18 s.d 24 juli 2016.

Pelatihan menjahit ini dibuka Ketua Dekranasda Hj Raudatul Wardiyah dan dihadiri Wakil Ketua TP PKK Nur Gita Tiyas dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar  Drs. H.M Ramlan MPd.

Raudatul Wardiyah berharap dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat menambah kreativitas serta tambahan pendapatan keluarga.
Adapun materi teknik menjahit juga diberikan dalam pelatihan ini. Tujuannya agar para penjahit atau perajin bertambah bekal pengetahuan dan ketrampilannya sehingga mendorong terciptanya kesempatan kerja yang lebih produktif.

Panitia pelaksana Agus Ibrahim menyampaikan, kegiatan pelatihan ini juga untuk meningkatkan ekonomi keluarga, menguatkan ketahanan keluarga dan kemandirian bagi kaum perempuan, memberikan pengetahuan dan menambah wawasan kepada pelaku Industri kecil dan menengah, khususnya IKM menjahit.

Narasumber pelatihan menjahit adalah Rusmiati dan Zainah. Untuk praktek menjahit ini, para peserta dilatih mulai dari pengenalan peralatan dan mesin jahit, teori dan praktek cara mengukur, membuat pola dasar, membuat pola rok dan baju biasa, menggunting pola, menjahit rok dan baju, membuat pola model baju, membuat pola lengan model baju dan berbagai bentuk pakaian lainnya.

Source:: DISPERINDAG

Comments
Loading...