FPK KECAMATAN TELAGA BAUNTUNG TERBENTUK

By kesbangpol kab. banjar

Sebagai antisipasi terpeliharanya  kerukunan antar suku bangsa. Badan Kesbangpol Kab.Banjar mengunjungi Kecamatan yang berbatasan dengan kab.Tapin untuk  melaksanakan sosialiasi Permendagri Nomor 34 Tahun 2006. Sekaligus pembentukan FPK Kec. Telaga Bauntung  yang bertujuan untuk mencegah konflik antara suku bangsa yang dapat mengakibat kekacauan dan terganggunya  ketentraman dan ketertiban di masyarakat, khususnya di Kabupaten Banjar. Demikian Marlon Yansen Naibaho Sekretaris Badan Kesbangpol Banjar menjelaskan sekaligus membuka  acara sosialiasi, selasa (19/7) di Aula Kantor Camat Telaga Bauntung.

DSC_2813

Sebelumnya  Camat Telaga Beuntung GT Mawardi berterima kasih atas perhatian Pemda yang besar terhadap kehidupan kemasyarakatan di Telaga Bauntung. Dirinya berharap dengan adanya kunjungan Kesbangpol Banjar, warga akan senantiasa bersatu menjaga kerukunan antar suku dimasyarakat.

Sebagai Narasumber dalam kegiatan ini Dari Badan Kesbangpol Prov. Kalimantan Selatan, Drs. Gatot Suranto menyampaikan secara rinci tentang Permendagri Nomor 34 Tahun 2006. Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah.Dijelaskan  bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman suku bangsa yang harus dijaga agar selalu hidup rukun satu sama lain. Salah satu cara menjaga kerukunan ini adalah dengan membentuk Forum Pembauran Kebangsaan di masyarakat.

DSC_2841 DSC_2878

Sedangkan Jumaruddin dari Kodim 1006/Martapura menyampaikan kiat-kiat yang harus diambil dalam menghadapi permasalahan antar suku bangsa yaitu jangan mudah emosi, jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu serta musyawarahkan selalu segala permasalahan yang ada agar tercapai keputusan yang terbaik. “Insya Allah kerukunan hidup bermasyarakat akan dapat terjaga,” ucapnya yakin.

DSC_2889

Acara diakhiri dengan  pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan Kecamatan Telaga Bauntung yang disaksikan secara langsung oleh Sekretaris Kesbangpol Banjar Marlon Yansen, Camat Telaga Bauntung GT Mawardi, Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan Kab.Banjar Hamli Bahran, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Kab.Banjar H. Syaharani Shaleh, Danramil Kec Simpang Empat  Kapt. Inf. Fathul Mubin, Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Dra.Hj. Fathul Jannah, serta tokoh masyarakat dan lainnya. (Kesbangpol)

Source:: KESBANGPOL

Comments
Loading...