PENILAIAN LOMBA DESA/ KELURAHAN TINGKAT PROVINSI KAL-SEL DESA RANTAU BUJUR KECAMATAN TELAGA BAUNTUNG

Martapura(31/05/12) Telaga Bauntung adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaen Banjar , sebelumnya Pada Tahun 2009 Kecamatan Telaga bauntung merupakan wilayah dari pemekaran Kecamatan Simpang Empat , selain itu Kecamatan Telaga Bauntung merupakan salah satu wilayah terluar Kabupaten Banjar yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tapin ( Rantau ).

Kecamatan Telaga Bauntung memiliki potensi sumber daya alam yang berlimpah , diantaranya tambang batubara dan perkebunan karet yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi, dengan hasil alam yang sangat tinggi itulah tentunya Kecamatan Telaga Bauntung sangat memberikan kontribusi bagi kelancaran Pembangunan Kabupaten Banjar bahkan provinsi Kalimantan Selatan.
Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Banjar, mengikutsertakan Kecamatan Telaga Bauntung tepatnya Desa Rantau Bujur menjadi peserta Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, dan desa ini akan dinilai langsung oleh Team Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Pada Kamis 31 Mei 2012.
Kegiatan Lomba Desa/ kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Ini Dihadiri Oleh Pejabat-Pejabat penting Kabupaten Banjar yaitu Sektretaris Daerah Kabupaten Banjar H.Ir. Nasrunsyah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Drs. Zainudin,Asisten III H.Wildan Amin, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs.H. Farid Soufian , Kepala Bagian Humas Setda Banjar Azwar, S.H., M.Si dan pejabat penting Kabupaten banjar lainnya yang tidak bisa disebutkan satu- persatu. Sedangkan dari Provinsi telah hadir ketua Team Penilai Lomba Desa Provinsi Kalimantan Selatan H.Nazamudin noor bersama team.
Dalam kesempatan ini Sektretaris Kabupaten Banjar H.Ir. Nasrunsyah yang mewakili Bupati Banjar menyampaikan sambutannya, Ir. Nasrunsyah mengatakan kegiatan lomba Desa /Kelurahan yang kita laksanakan ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kompetisi dan motivasi Desa serta sebagai upaya memberdayakan masyarakat melalui penguatan kelembagaan , peningkatan motivasi , partisipasi masyarakat dan swadaya gotong royong masyarakat di Desa Dan Kelurahan secara Terarah , Terkoordinasi , terpadu dan berkelanjutan.kita semua tentu menyadari , bahwa kegiatran Lomba Desa yang diselenggarakn ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam membangun desa/kelurahan.Pradigma pembangunan yang lebih mengutamakan pembangunan ekonomi sudah seharusnya beralih menjadi pradigma pembangunan yang lebih menitik beratkan pemberdayaan masyarakat .Pemberdayaan masyarakat pada hakekatnya merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat sebagai subjek dan objek pembangunan .
Sebagai Ketua Team Penilai Lomba Desa /Kelurahan Yang Juga mewakili Gubernur Kalimantan Selatan H.Nazamudin Noor menyampaikan sambutanya , H.nazamudin noor mengatakan ada delapan kriteria penilaian dalam lomba desa ini. Dimana di bidang kesehatan paling tinggi skor nilainya, selanjutnya kebersihan desa, pendidikan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, peranan PKK, serta pemerintahan desa. Penilaian yang dilakuan terhadap Desa Rantau Bujur Kecamatan telaga Bauntung ini karena memang Desa Rantau Bujur ini sangat baik. semoga saja, dengan diadakannya lomba desa ini ,Desa dan Kelurahan yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan Khususnya Desa Rantau Bujur Kecamatan Telaga Bauntung kedepannya akan berkembang lebih baik.(Ronie/Hevrin)

Comments
Loading...