“POWER RANGERS IKUT SERTA DALAM MEMBANTU PROGRAM IMUNISASI MR DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TELAGA BAUNTUNG”

Telaga Bauntung – Upaya Dinas Kesehatan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Banjar salah satunya dengan melakukan program imunisasi terhadap anak-anak di Kabupaten Banjar, namun dalam pelaksanaannya anak-anak banyak yang takut ketika di imunisasi.

Rabu, tanggal 8 Agustus 2018 Tim Imunisasi MR dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan dari UPT. Puskesmas Telaga Bauntung mendatangi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Loktanah di Kecamatan Telaga Bauntung, namun ada yang berbeda dari kedatangan Tim Imunisasi MR ini, anak-anak dari SDN Loktanah tersebut menyambut gembira dengan kedatangan Tim Imunisasi ke sekolah mereka lantaran salah satu petugas medis yang merupakan Tim Imunisasi MR menggunakan Cosplay (Kostum) Power Rangers idola dari anak-anak. Ini merupakan Inovasi baru untuk menarik perhatian anak-anak agar bersedia di imunisasi, dan terbukti anak-anak di SDN Telaga Bauntung bersedia di suntik imunisasi oleh petugas medis. “selama ini masyarakat tidak begitu memahami akan bahaya penyakit menular dari virus-virus yang berbahaya, dan sebelumnya kita sudah melakukan sosialisasi kampanye tentang imunisasi kepada masyarakat, untuk mendukung kesuksesan kegiatan ini Kita perlu berinovasi pada saat ingin melakukan suntik vaksin sehingga ada ide untuk menghadirkan tokoh pahlawan anak-anak (power rangers) dalam kegiatan ini untuk ketertarikan masyarakat terutamanya pada anak-anak yang akan diberikan imunisasi” Ujar Kepala UPT. Puskesmas Telaga Bauntung (H. Gusti Abdul Basit).

Pro Kontra pemberian Imuniasi MR dari berbagai pihak mengakibatkan ada penundaan pelaksanaan di beberapa tempat, namun tidak membuat surut semangat dan motivasi petugas kesehatan untuk terus memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pemberian imunisasi MR, Masyarakat perlu mengetahui tentang imunisasi dalam hal jika seseorang yang tidak diimunisasi akan menyebabkan penyakit berat, atau kecacatan permanen yang mengancam jiwa, berdasarkan pertimbangan ahli yang kompeten dan dipercaya.

Source:: DINKES

Comments
Loading...