Dishub Kabupaten Banjar Siap Dukung Penertiban Truk ODOL

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar menyambut baik dan akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dalam menertibkan truk over dimensi dan over loading (ODOL).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar H. Aidil Basith mengatakan persoalan ODOL merupakan salah satu keresahaan pelaku usaha trucking selama ini.

Para pelaku usaha trucking menginginkan adanya perbaikan kinerja sektor trucking, dengan menertibkan truk ODOL untuk mengurangi kemacetan untuk mendorong produktivitas angkutan truk dan menekan angka kecelakaan.

“Kami siap bersinergi dalam menertibkan truk ODOL, karena kami memiliki keresahan yang sama soal ini,” kata Kata Kadishub Banjar setelah mengikuti Rapat Pembahasan Penerapan Peraturan Batas Dimensi dan Batas Muatan pada Kegiatan Angkutan Barang di Jalan Dalam Wilayah Provinsi Kalimantan selatan, Senin (01/9/2018).

Sebagaimana diketahui, penertiban terhadap truk ODOL mendatang akan mendapatkan Sanksi yang disiapkan untuk penertiban pelanggaran ini adalah penilangan, hingga penurunan barang muatan.

Kadishub Banjar, penertiban truk ODOL harus dilakukan dengan melakukan kajian dan pertimbangan lebih dalam untuk menghindari terhambatnya arus dan kegiatan logistik nasional.

Kadishub Banjar juga berpendapat bahwa tindakan pencegahan akan lebih penting dan effisien dibandingkan dengan tindakan penertiban. Pencegahan ODOL bahkan akan mencegah membengkaknya biaya logistik akibat terkendalanya arus barang bila harus dilakukan penertiban.

Source:: DISHUB

Comments
Loading...