JUNJUNG MARWAH KUKUHKAN KEJAYAAN

Pasar rakyat ini adalah awal dari rangkaian Milad Kesultanan Banjar ke-508 atau peringatan Milad Kesultanan Banjar ke-2 di era Milenium. Kami akan terus bertekat untuk tetap istiqomah pada perjuangan membangkitkan dan mempertahankan Kebudayaan Banjar. Dengan harapan anak cucu kita nanti menjadi generasi yang berbudi luhur dan berdaya hebat dalam mengarungi kehidupan modern yang semakin global. Untuk itulah Milad ke-508 ini dimaknai dengan tema

Hal tersebut di ungkapkan oleh Bupati Banjar H. Pangeran Khairul Saleh pada Pembukaan Pasar Rakyat Kesultanan Banjar, Senin 4 Agustus 2012 di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura.
Ia menyampaikan, dalam suasana Ramadhan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan, dibukanya pasar rakyat Kesultanan Banjar yang dilaksanakan serentak di 13 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan. Kegiatan ini adalah sebagai tanda syukur dan keinginan Kesultanan Banjar untuk selalu berbagi dan ada ditengah masyarakat.
Seperti tahun lalu berbagai rangkaian acara YANG akan diselenggarakan seperti pawai budaya, kesultanan fun bike, lomba menggambar tingkat SD sederajat dan Taman Kanak-Kanak, seminar sejarah dan budaya, asyura kesultanan dan panggung hiburan rakyat/karasmin yang menghadirkan mamanda, madihin, wayang Banjar dan lain-lain.
Khairul mengungkapkan, kegiatan rangkaian Milad ini belum dapat memenuhi kehausan masyarakat terhadap tuntunan kerja budaya. Namun sebagai langkah awal saya ingin menunjukkan sebagai kerja budaya yang telah dirintis Kesultanan Banjar dua tahun ini, untuk itu seluruh masyarakat kami undang beramai-ramai menyaksikan dan mengikuti even tahunan Ini, karena sejatinya ini bukan even kesultanan tapi even milik masyarakat.
Sementara itu Ketua Panitia penyelenggara kegiatan H. Pangeran Chairiansyah dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan Pasar Rakyat Kesultanan Banjar adalah untuk meningkatkan peran Kesultanan Banjar dalam menyelesaikan permasalahan sosial, untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu, khususnya dalam kebutuhan pokok, dan meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya kebersamaan dalam membantu meringankan saudara kita yang kurang mampu.
Adapun total keseluruhan gula yang dijual pada pasar rakyat sebanyak 14 Ton, minyak goring sebanyak 7.000 Liter, dan tepung sebanyak 2,8 Ton yang terbagi di 13 Kabupaten/Kota, dan untuk di Kabupaten banjar gula yang dijual sebanya 1 Ton, minyak goring sebanyak 500 Liter dan tepung sebanyak 200 Kilograms.
3 File telah Dilampirkan| 570KB

Comments
Loading...