TENAGA BIDAN BARU DIBUTUHKAN BANJAR

Menurut data dari Kementrian Kesehatan RI, angka kematian ibu melahirkan menurun menjadi 307 dari 100.000 Kelahiran Hidup (KH). Angka kematian balita, bayi maupun neonatal pun terus menurun sejak tahun 2007. Pada periode yang sama, angka kematian balita, bayi menurun dari 68 menjadi 34 per 1.000 KH sementara target Millennium Development Goals (MDGs) 31 per 1.000 KH di tahun 2015 dan angka kematian neonatal menurun dari 32 menjadi 19 per 1.000 KH sementara target MDGs 23 per 1.000 KH.

Direktur Akbid Martapura Yayasan Korpri Kabupaten Banjar Hj.Rusmasari Marisya,S.KM,M.AP menambahkan dalam sambutannya, penurunan angka kematian bayi, balita maupun neonatal dapat dicapai salah satunya melalui peningkatan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan terlatih dalam hal ini bidan professional di fasilitas kesehatan yang memadai.
Untuk lebih mempercepat penurunan angka kematian ibu melahirkan, lanjutnya dalam acara Wisuda Diploma III Kebidanan Tahun 2012 Akademi Kebidanan Martapura ini, Kementrian Kesehatan RI melakukan terobosan melalui Jaminan Persalinan (Jampersal). Jampersal merupakan pelayanan paket kesehatan berupa kontrol terhadap ibu hamil (antenatal, persalinan, kontrol setelah melahirkan / postnatal) dan pelayanan keluarga berencana.

Comments
Loading...