Evaluasi Kerja Sama Faskes BPJS, Pemkab Banjar Dorong Transformasi Layanan Kesehatan Digital
MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar bersama BPJS Kesehatan Kantor Cabang Banjarmasin menggelar kegiatan Evaluasi Pengelolaan Kerjasama Fasilitas Kesehatan BPJS di wilayah Kabupaten Banjar, Kamis (17/7) pagi. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Bappedalitbang dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, HM Hilman.
Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan sektor kesehatan se-Kabupaten Banjar, dengan tujuan memperkuat sinergi antar lembaga dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkelanjutan kepada masyarakat.
Dalam laporan yang disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Banjarmasin, Asmar, disebutkan bahwa saat ini terdapat 44 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bermitra dengan BPJS Kesehatan di Kabupaten Banjar. Rinciannya adalah 24 Puskesmas (42%), 11 TPMD, 5 Klinik Pratama, dan 4 TPMDG.
Selain itu, Asmar juga menyampaikan capaian positif dalam transformasi digital pelayanan kesehatan. Tercatat 46 FKTP di Kabupaten Banjar telah menerapkan sistem antrean online, di antaranya 40 FKTP menyediakan layanan pendaftaran antrean melalui aplikasi Mobile JKN.
“Transformasi digital ini memungkinkan peserta JKN untuk melakukan pendaftaran dan antrean secara lebih praktis. Ini mengurangi kepadatan di fasilitas layanan dan meningkatkan efisiensi pelayanan,” jelas Asmar.
Sementara itu, Sekda HM Hilman menyatakan bahwa kegiatan evaluasi ini merupakan forum strategis dalam menjamin akses pelayanan kesehatan yang merata dan terstandar.
“Kami ingin memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik, dari tingkat pertama hingga rujukan lanjutan, dan kini juga melalui sistem digital yang efisien,” ujar Hilman.
Ia menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Banjar untuk terus mendukung penguatan layanan kesehatan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi serta kebutuhan masyarakat.
Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan pemetaan rekomendasi bersama, yang diharapkan menjadi langkah awal untuk peningkatan sistem pelayanan JKN ke depan.
Reporter: Fuad Rivan
Editor: Ronny Lattar
Uploader: Suhendra
Source:: INFOPUBLIK